Perangkat KBM


PERANGKAT KBM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
1. Kelas 7 dapat diunduh di sini  
2. Kelas 8 dapat diunduh di sini  
3. Kelas 9 dapat diunduh di sini  


CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER
(RPP) 1.1

Sekolah
:
SMPN 2 Ngemplak
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 1
Standar Kompetensi
:
1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)
Tujuan Pembelajaran 
Melalui proses pembelajaran ini siswa dapat :
  1. Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah, " dan  Al" Qamariyah
  2. Menyebutkan huruf-huruf  Syamsiyah maupun Qamariyah
  3. Mengembangkan  perilaku siswa yang mencerminkan  Religius, Gemar membaca, Ingin Tahu, Mandiri, Jujur, Demokratis, Toleransi.
Indikator 
  1. Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” (ال  )  Qamariyah.  ( Teliti)
  2. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “ Al” (ال  ) Qamariyah. (teliti)
  3. Menunjukkan  perilaku siswa yang mencerminkan  Religius, Gemar membaca, Ingin Tahu, Mandiri, Jujur, Demokratis, Toleransi.

Materi Pembelajaran
  1. Pengertian "Al" Syamsiyah
  2. Pengertian "Al" Qamariyah
  3. Huruf-huruf  Syamsiyah
  4. Huruf-huruf Qamariyah

Metode Pembelajaran  ,Pendekatan, dan Mode l pembelajaran
  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. CTL
  4. Jigsaw
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Ø  Salam hangat dan apa kabar dan presensi (religius,cinta damai, disiplin dan antusias)
Ø  Menjelaskan kompetensi yang akan dibahas (tanggung jawab)
Ø  Appersepsi (guru mengadakan kuis dengan menunjukan kartu yang bertuliskan arab dengan bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah) (berfikir kritis,ingin tahu,kreatif)
Ø  Motivasi (Dinamika kelompok) (kreatif dan antusias)

Kegiatan Inti (65 menit)
Elaborasi
Ø Salah satu peserta didik memimpin membaca Q.S. Al-Dhuha dan Al-Adhiyat dan ditirukan oleh semua peserta didik lainya (percaya diri dan taat).
Ø Peserta didik bersama guru menelaah materi tentang pengertian hukum bacaan “Al” (  ) Syamsiah dan “Al” (ال ) Qamariah dan cirri-cirinya.(berfikir kritis dan kreatif).
Ekplorasi
Ø Peserta didik bertanya jawab dan berdiskusi dalam kelompok tentang perbedaan bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah. (kerja sama dan saling menghargai)
Ø Peserta didik bertanya jawab dan berdiskusi untuk mencari contoh bacaan “Al” (ال  ) Syamsiah dan “Al” (ال ) Qamariyah dalam Q.S. Al-Dhuha dan Al-Adhiyat. (kerja sama,saling menghargai dan kritisi)
Ø Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil dari pencarian contoh bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah. (percaya diri)
Konfirmasi
Ø Guru mengadakan penguatan tentang hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah dan contoh-contohnya. (tanggung jawab)
Ø Guru mengadakan uji kompetensi sekaligus penilaian dengan cara menyuruh setiap peserta didik membuka Al-Qur’an pada Q.S. Al-Baqarah ayat 1-15. (menghargai prestasi)

Kegiatan akhir (7 menit)
Ø  Refleksi dengan menyanyikan nasyid. (religius)
Ø  Penugasan (setiap peserta didik mencari 10 contoh bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah dalam Al-Qur’an  Surat As-Syams dan Al-Lail. (mandiri)
Ø  Do’a kafaratul majlis. (religius)
Ø  Salam (Ma’as salam). (religius, komunikatif
Sumber Belajar           
Ø  Mushaf Al-Qur’an
Ø  Buku paket Pendidikan  Agama Islam untuk SMP, .............hal......
Ø  LKS MGMP PAI
Ø  VCD pembelajaran